Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Random post

Pentingnya Makan Tepat Waktu Untuk Menurunkan Berat Badan


Pentingnya Makan Tepat Waktu

Wootekh Jakarta - Setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan membuat anda terpaksa menunda makan siang. Padahal terlambat makan bukan hanya membuat perut anda sakit, tapi juga menghambat turunnya berat badan !


Ternyata menurunkan berat badan bukan hanya tergantung pada jenis makanan yang anda santap, tapi juga mada ketepatan waktu makan. Hal ini terbukti pada sebuah penelitian di Spanyol terhadap 420 wanita overweight yang melaksanakan program penurunan berat badan selama 5 bulan. Mereka yang terlambat makan siang atau baru makan setelah jam 3 sore mengalami penurunan bobot tubuh 25 persen lebih sedikit dibanding mereka yang makan siang tepat waktu.

Pada penelitian ini, seluruh peserta mendapat informasi nutrisi dan porsi  makanan yang harus mereka santap, namun tidak diberitahu jam berapa mereka harus menyantapnya. Di Spanyol makan siang adalah waktu yang paling penting karena merupakan waktu pemasukan utama kalori per hari, yakni sebesar 40 persen. Setelah diperiksa, peserta yang makan siang setelah pukul tiga mengalami penurunan berat badan rata-rata 8 kg, sementara peserta yang makan siang tepat waktu mengalami penurunan berat badan hingga 11 kg. Sayangnya penelitian ini tidak meneliti sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk makan siang. Namun berdasarkan penelitian sebelumnya, waktu makan memang memengaruhi dengan proses metabolisme. Setiap organ memiliki  waktu biologis tertentu dan makan pada waktu yang asing bagi tubuh membuat otak harus menyesuaikan system metabolism. Akibatnya, proses pembakaran makanan pun akan berjalan lebih lambat. Selain menepati waktu makan siang, salah satu hal yang harus anda perhatikan adalah betapa pentingnya sarapan karena membuat anda kenyang lebih lama sehingga pemasukan kalori pun menjadi lebih sedikit.

Sebenarnya hal lain yang mempengaruhi waktu makan adalah jam tidur anda. Menurut penelitian yang dilakukan Northwestern University, jika Anda termasuk orang yang suka begadang, jam makan siang biasanya juga akan ikut ‘berantakan’. Maklum saja, karena biasanya tidur menjelang subuh, anda pun baru bangun tidur menjelang siang. Akhirnya sarapan pun terlewatkan dan makan siang dilakukan menjelang sore. Lalu makan malam pun akhirnya dilakukan tengah malam, saat metabolisme tubuh harusnya beristirahat. Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa mereka yang doyan begadang mengonsumsi lebih banyak kalori dibanding mereka yang menjalani hidup normal. Selain itu, mereka biasanya juga kurang menjaga asupan makanan dan lebih banyak menyantap fast food, soda dan jarang makan sayur. Kebiasaan ini – begadang, kurang tidur, dan makan lewat dari jam delapan malam – ternyata sangat berkaitan dengan meningkatnya Body Mass Index (BMI). Ini berarti naiknya berat badan tidak hanya dipengaruhi jenis makanan yang anda santap, tapi juga waktu makan. CLEO
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pentingnya Makan Tepat Waktu Untuk Menurunkan Berat Badan di blog WOO TEKH INDONESIA jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com